Membeli perusahaan orang lain, dengan membeli perusahaan yang telah didirikan ataubdirintis oleh orang lain dengan nama dan organisasi yang sudah ada.
Hal ini dilakukan karena memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:
Resiko lebih sedikit
Lebih mudah karena perusahahan sudah berjalan shg ada jalinan dengan pelanggan dan pemasok.
Memiliki peluang untuk membeli dg harga yang bias ditawar.
Pendekatan dasar dalam menentukan nilai wajar sebuah bisnis, Kita dapat menentukan nilai sebuah perusahaan yang akan dibeli menggunakan:
Penilaian berdsarkan aktiva,mengukurbisnis dengan nilai aktiva nya,melibatkan perhitungan nilai buku aktiva.
Penilaian berdasarkan pasar,sesuai harga perusahaan yang setara.
Penilaian berdasarkan laba,melihat nilai perusahaan berdasarkan laba potensial di masa mendatang.
Penilaian berdasarkan perputaran uang(arus kas) , dengan membandingkan antara expected dan required rate of return dari investasi.
Faktor non kuantitatif dalam menilai sebuah bisnis.
Persaingan
Pasar
Pengembangan komunitas dimasa yang akan dating.
Komitmen hokum.
Kontrak serikat pekerja.
Harga produk
Manajemen Efektif
Pencapaian hasil yang sesuai dengan tujuan seperti yang telah ditetapkan
Menetapkan Sasaran
Merupakan target/alat ukur keberhasilan/kegagalan yang diukur pada tiap tingkatan
Langkah awal dalam manajemen yang efektif adalah menetapkan sasaran yang diharapkan untuk dicapai
Membantu membangun budaya perusahaanTujuan Penetapan Sasaran
Memberikan arah dan panduan bagi manajer di semua tingkatan
Membantu perusahaan mengalokasikan sumber dayanya
Membantu manajer menilai kerjanya
Jenis Sasaran: Pendek, Menengah, Panjang
Jenis-Jenis Strategi: Strategi perusahaan, Strategi bisnis, Strategi fungsional
Merumuskan Strategi
Program luas yang menggambarkan maksud organisasi
Garis besar mengenai cara bisnis mencapai tujuan
Strategi yang baik sangat penting bagi keberhasilan suatu bisnis
Menetapkan tujuan strategis
Menganalisis : Organisasi
Lingkungan
Mencocokkan organisasi dan lingkungan
Merumuskan strategi
Menetapkan Tujuan Strategis:
Memakai Analisis SWOT
Strength (Kekuatan)
Weakness (Kelemahan)
Opportunity (Peluang)
Threat (Ancaman)
Analisis SWOT, Identifikasi dan analisis kekuatan dan kelemahan organisasi serta peluang dan ancaman lingkungan sebagai bagian dari perumusan strategi
Analisis Lingkungan
Pemindaian lingkungan bisnis terhadap segala ancaman dan peluang
Pengamatan dan penilaian lingkungan terhadap segala ancaman dan peluang
Pengamatan terhadap selera konsumen
Analisis Organisasi
Kekuatan
Surplus uang tunai
Angkatan kerja yang berdedikasi
Tersedianya bakat manajerial
Keahlian teknis
Sedikitnya persaingan
kelemahan
Kurangnya uang tunai
Pabrik yang sudah tua
Serikat pekerja yang kuat
Citra yang buruk
Tingkatan Manajemen
Manajer Puncak
Bertanggung jawab kepada dewan redaksi dan pemegang saham atas keseluruhan kinerja dan efektivitas perusahaan
Manajer Menengah
Bertanggung jawab mengimplementasikan strategi, kebijakan, dan keputusan yang dibuat oleh manajer puncak
Manajer Lini Pertama
Bertanggung jawab dalam menilai pekerjaan karyawan
Dasar Ketrampilan Manajemen
Teknis
Untuk melakukan tugas-tugas khusus
Hubungan Manusia
Untuk memahami dan bekerja sama dengan orang lain
Konseptual
Untuk berfikir secara abstrak, mendiagnosa, dan menganalisis situasi yang berbeda, serta melihat jauh kedepan
Pengambilan Keputusan
Menentukan masalah dan memilih tindakan yang terbaik
Pengelolaan Waktu
Berkaitan dengan penggunaan waktu secara produktif
No comments:
Post a Comment